PENGARUH PRE-TEST DAN POST-TEST TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM AL-HUDA KOTA BATU

Main Author: AFYUDIN, GALIH PRABU WILDAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23910/1/jiptummpp-gdl-galihprabu-41555-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23910/2/jiptummpp-gdl-galihprabu-41555-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23910/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian pre-test dan post-test dalam setiap kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas III SD Islam Al-Huda Kota Batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan one group pre-test post-test design. Pre-Experimental design adalah salah satu bentuk desain penelitian eksperimen yang memanipulasi variabel bebas yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel terikat. Rancangan Pre-Experimental design digunakan untuk mendapatkan informasi awal terhadap rumusan masalah yang ada dalam penelitian. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III SD Islam Al-Huda Kota Batu yang berjumlah 10 peserta didik. Pada awal pembelajaran, diberikan pre-test kepada peserta didik, dilanjutkan dengan proses belajar mengajar dan pada akhir pembelajaran diberikan post-test dengan menggunakan instrumen yang sama dengan pre-test. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji tanda diperoleh nilai probabilitasnya lebih kecil dari taraf nyata (0,05) atau Ho < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian pre-test dan post-test dalam setiap kegiatan pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian keputusan yang diambil adalah H_a, yaitu adanya pengaruh pre-test dan post-test terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dengan kata lain pre-test dan post-test berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.