PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA DI SEKOLAH (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama 18 Negeri Malang)

Main Author: BADRIYAH, LAILATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23909/1/jiptummpp-gdl-lailatulba-41556-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23909/2/jiptummpp-gdl-lailatulba-41556-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23909/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini di latar belakangi oleh sekolah yang memiliki siswa dengan latar belakang berbeda agama, dengan siswa yang berasal dari beragam daerah, karakter yang berbeda-beda, dan empat kategori siswa SMP Negeri 18 Malang, dari keanekaragaman tersebut tentunya rentan terhadap konflik, terutama menyangkut agama, apabila tidak ada saling toleransi diantara sesama, konflik akan mudah terjadi. Namun tersebut tidak tampak di sekolah ini. Semua siswa dan guru saling menunjukkan sikap toleransi terhadap sesama karena nilai sopan santun dan toleransi kepada siapa saja menjadi dasar semua dalam mengadakan program kegiatan dan pelajaran. Kerukunan juga saling di jaga seperti saling mengingatkan jika salah seorang teman lupa menjalankan ibadahnya. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apa program-program sekolah dan bagaimana implementasi program yang mendukung pendidikan toleransi dalam kehidupan beragama di sekolah SMP Negeri 18 Malang? Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program-program sekolah dan mendeskripsikan implementasi program yang mendukung pendidikan toleransi dalam kehidupan beragama di Sekolah Menengah Pertama 18 Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif dari Miles dan Huberman, meliputi: (1) Pengumpulan Data/catatan lapangan, (2) Reduksi Data, (3) Penyajian Data, (4) Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat program sekolah yang mendukung pendidikan toleransi dalam kehidupan beragama di sekolah, dimana implementasi program tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan setiap semesternya. Perencanaan program pembinaan keagamaan juga cukup tersusun dan dilaksanakan secara rutin. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pendidikan toleransi dalam kehidupan beragama di Sekolah Menengah Pertama 18 Negeri Malang.