PEMBELAJARAN SHALAT BAGI ANAK USIA DINI DI TK ABA MUZDALIFAH WAGIR KABUPATEN MALANG

Main Author: FAUZIAH, SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23900/1/jiptummpp-gdl-sitifauzia-41579-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23900/2/jiptummpp-gdl-sitifauzia-41579-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23900/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran shalat bagi anak usia dini merupakan stimulasi untuk meningkatkan perkembangkan potensi dan mempesiapkan dan melatih dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kepada Allah SWT ketika mereka telah menjelang baliqh. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana proses pembelajaran shalat bagi anak usia dini di TK ABA Muzdalifah Wagir. 2. Apa faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran shalat bagi anak usia dini di TK ABA Muzdalifah Wagir. 3. Hasil pembelajaran shalat bagi anak usia dini di TK ABA Muzdalifah Wagir Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan proses pembelajaran shalat bagi anak usia dini di TK ABA Muzdalifah Wagir, 2. Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pembelajaran shalat bagi anak usia dini di TK ABA Muzdalifah Wagir. 3. Mengetahui hasil pembelajaran shalat bagi anak usia dini di TK ABA Muzdalifah Wagir . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu guru kelas A dan peserta didik kelompok A di TK ABA Muzdalifah Wagir. Pemilihan TK ABA Muzdalifah Wagir sebagai lokasi penelitian, dengan alasan TK ABA Muzdalifah Wagir mampu menghasilkan out put peserta didik yang terampil melaksanakan shalat dan cukup hafal doÂ’a-doÂ’a shalat. Setelah pengumpulan data dengan cara; observasi, wawancara dan dokumententasi, dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajran shalat di TK ABA Muzdalifah Wagir, telah melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tetapi belum terlaksana dengan sempurna, peserta didik di TK ABA Muzdalifah Wagir dapat mengikuti pembelajaran dan dapat menerima meteri, tetapi dalam pelaksanaan praktek shalat belum berjalan dengan baik dikarenakan keseriusan peserta didik yang masih kurang.