MEMENEJ PEMBELAJARAN AL-QURAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS HURUF ARAB DI MADIN AL-AMIEN BARENG TENGAH - MALANG

Main Author: AZIZ, MOHAMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23898/1/jiptummpp-gdl-mohamadazi-41581-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23898/2/jiptummpp-gdl-mohamadazi-41581-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23898/
Daftar Isi:
  • Madrasah Diniyyah ( Madin ) termasuk lembaga pendidikan non formal yang membantu pemerintah dalam memberi bekal dasar ilmu keagamaan dan pengetahuan dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia. Dengan demikian Madin selalu berpegang pada motto “Menyiapkan Generasi QurÂ’ani Menyongsong Masa Depan Gemilang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan memenej dan pelaksanaan pembelajaran al-QurÂ’an di Madin al-Amien Bareng Tengah-Malang. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, subjek penelitian adalah Kepala Madin, ustadz/ustadzah dan santri. Pemilihan Madin al-Amien sebagai objek penelitian adalah karena Madin al-Amien merupakan salah satu dari sepuluh Madin yang mendapatkan nilai baik secara manajemen dari Kantor Kementerian Agama Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisa data menggunakan deskrptif kualitatif dengan tahapan-tahapan : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil yang ada, dapat disimpulkan bahwa: 1. Adanya kesungguhan terhadap desain pengelolaan diantaranya rekruitmen tenaga pendidik, honorarium ustadz/ustadzah, cara penggalian dana, penerimaan santri baru dan sarana prasarana; 2. Upaya meningkatkan pembelajaran al-QurÂ’an dengan didasarkan pada tiga tahapan : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.