IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLEGENCES RESEACH (MIR) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU PERMATA HATI KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG 4
Main Author: | AMIN, MOCHAMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23897/1/jiptummpp-gdl-mochamadam-41582-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23897/2/jiptummpp-gdl-mochamadam-41582-2-1-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23897/ |
Daftar Isi:
- Kegagalan siswa mencerna informasi dari guru disebabkan oleh ketidaksesuaian gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa. Masing-masing siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Pemahaman konsep multiple intellegences, bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik dan variasi, memudahkan guru dalam mengajar dan siswa dalam memahami materi ajar. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan multiple intellegences reseach (MIR) di SD Islam Terpadu “Permata Hati” Tumpang Kabupaten Malang.(2) Kompetensi/skill guru PAI (3) Perangkat yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran PAI melalui pendekatan multiple intelligences reseach (MIR) di SD Islam Terpadu “Permata Hati” Tumpang kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, peneliti berusaha menggambarkan berbagai kondisi, situasi dan berbagai variabel yang ada di SD Islam Terpadu “Permata Hati” Tumpang kabupaten Malang, selanjutnya dianalisis secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa: (1) terdapat beberapa tahapan dalam pembelajaran dengan pendekatan multiple intelligences reseach (MIR) yakni observasi awal peserta didik baru, perencanaan, pelaksanaan serta penilaian hasil pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pembelajaran yang diintegrasikan dengan konsep multiple intelligences.(2) kompetensi yang dimiliki oleh guru secara detail, memiliki multi strategi dalam mengajar, professional dalam mengajar, menjelajahi dan memahami kompetensi siswa, mengajar dengan cara yang menyenangkan, menjalankan perannya sebagai fasilitator, terampil dalam memanfaatkan sarana dan prasarana, menilai hasil pembelajaran (3) perangkat yang dibutuhkan guru PAI adalah berupa benda dan berupa program kegiatan penunjang.