STUDI ANALISIS TENTANG KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR

Main Author: SAMSUDIN, MOH. AZIZ
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23896/1/jiptummpp-gdl-mohazizsam-41583-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23896/2/jiptummpp-gdl-mohazizsam-41583-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23896/
ctrlnum 23896
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/23896/</relation><title>STUDI ANALISIS TENTANG KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR</title><creator>SAMSUDIN, MOH. AZIZ</creator><subject>BL Religion</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pro dan kontra terkait kebijakan penghentian Kurikulum 2013 oleh pemerintah saat ini. Munculnya pro kontra baik oleh kalangan praktisi pendidikan dan juga masyarakat umum di negara ini tentu didasari adanya kejanggalan terkait Kurikulm 2013 baik dalam penyusunan, penetapan, dan tentu pemberhentiannya saat ini. Masing-masing pihak tentu punya dasar dan alasan atas penolakan dan dukungannya terhadap Kurikulum 2013. Berangakat dari hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan kajian lebih mendalam tentang Kurikulm 2013 khususnya pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah 1) Bagaimanakah gambaran Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar?, 2) Apakah kelebihan dan kekurangan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar?&#xD; &#xD; Tujuan penelitian ini adalah 1) guna mendiskripsikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar dan 2) mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar.&#xD; &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan berasal dari dokumentasi karena jenis penilitian adalah Library Research dan juga dari hasil wawancara terhadap praktisi pendidikan sebagai data pelengkap. Adapun analisa data yang digunakan adalah analisis isi atau Content Analysis.&#xD; &#xD; Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa PAI dalam Kurikulum 2013 kini berubah menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran wajib dengan alokasi waktu 4 jam per minggu untuk tingkat Sekolah Dasar. Kurikulum ini berbasis kompetensi dan karakter, menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif. Diantara kelebihan K13 adalah: berorientasi pada pencapaian semua kompetensi peserta didik (kognitif, afektif, dan psikomotorik), menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan lainnya. Sedang kekuranganya antara lain: belum ada keterkaitan yang jelas antara basis filosofi dengan tataran teknis, seperti kurang adanya relevansi antara KD dengan Silabus, aspek penilaian yang terlalu kompleks sehingga memberatkan pendidik, dan lainnya.</description><date>2015-12-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23896/1/jiptummpp-gdl-mohazizsam-41583-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23896/2/jiptummpp-gdl-mohazizsam-41583-2-babi.pdf</identifier><identifier> SAMSUDIN, MOH. AZIZ (2015) STUDI ANALISIS TENTANG KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>23896</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SAMSUDIN, MOH. AZIZ
title STUDI ANALISIS TENTANG KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR
publishDate 2015
topic BL Religion
url http://eprints.umm.ac.id/23896/1/jiptummpp-gdl-mohazizsam-41583-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23896/2/jiptummpp-gdl-mohazizsam-41583-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23896/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pro dan kontra terkait kebijakan penghentian Kurikulum 2013 oleh pemerintah saat ini. Munculnya pro kontra baik oleh kalangan praktisi pendidikan dan juga masyarakat umum di negara ini tentu didasari adanya kejanggalan terkait Kurikulm 2013 baik dalam penyusunan, penetapan, dan tentu pemberhentiannya saat ini. Masing-masing pihak tentu punya dasar dan alasan atas penolakan dan dukungannya terhadap Kurikulum 2013. Berangakat dari hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan kajian lebih mendalam tentang Kurikulm 2013 khususnya pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah 1) Bagaimanakah gambaran Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar?, 2) Apakah kelebihan dan kekurangan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar? Tujuan penelitian ini adalah 1) guna mendiskripsikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar dan 2) mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan berasal dari dokumentasi karena jenis penilitian adalah Library Research dan juga dari hasil wawancara terhadap praktisi pendidikan sebagai data pelengkap. Adapun analisa data yang digunakan adalah analisis isi atau Content Analysis. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa PAI dalam Kurikulum 2013 kini berubah menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran wajib dengan alokasi waktu 4 jam per minggu untuk tingkat Sekolah Dasar. Kurikulum ini berbasis kompetensi dan karakter, menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif. Diantara kelebihan K13 adalah: berorientasi pada pencapaian semua kompetensi peserta didik (kognitif, afektif, dan psikomotorik), menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan lainnya. Sedang kekuranganya antara lain: belum ada keterkaitan yang jelas antara basis filosofi dengan tataran teknis, seperti kurang adanya relevansi antara KD dengan Silabus, aspek penilaian yang terlalu kompleks sehingga memberatkan pendidik, dan lainnya.
id IOS4109.23896
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:03Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:03Z
recordtype dc
_version_ 1675924303362654208
score 17.538404