PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) TERHADAP AKHLAK SISWA DI TK ASYIYAH BUSTANUL ATHFAL 06 KOTA MALANG

Main Author: INDAWATI, LILIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23892/1/jiptummpp-gdl-lilikindaw-41597-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23892/2/jiptummpp-gdl-lilikindaw-41597-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23892/
Daftar Isi:
  • Akhlak merupakan bagian terpenting dalam diri seseorang, karena akhlak menjadi identitas seseorang yang tercermin dalam tingkah laku. Potensi akhlak yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah pendidikan. Dalam pendidikan terdapat banyak metode dan model pembelajaran yang bervariasi yang membuat anak menjadi lebih aktif dan kreatif. Salah satu model pembelajaran itu adalah model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM). Dalam PAKEM siswa dibiasakan untuk bekerja sama dengan siswa lain, berani bertanya, aktif dan kreatif. Dan semua itu merupakan demensi akhlak siswa Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Kota Malang, bagaimana akhlak siswa di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Kota Malang dan adakah pengaruh model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenagnkan (PAKEM) terhadap akhlak siswa di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Kota Malang. Adapun bentuk penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat penelitian populasi, karena populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas B2 di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Kota Malang. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berbentuk observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan angket. Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran PAKEM dan akhlak siswa digunakan rumus prosentase dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap akhlak siswa digunakan rumus product moment ( Гxy ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) terhadap akhlak siswa di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Kota Malang adalah “ lemah atau rendah”. Ini terbukti dari hasil perolehan r product moment ( Г xy ) yaitu 0,237 yang mana lebih kecil dari taraf signifikansi 5 % yaitu 0,367 dan taraf signifikansi 1 % yaitu 0,470. Dapat juga dilihat dari tabel interpretasi product moment yang menunjukkan bahwa Гxy sebesar 0,237 berada pada rentang antara 0,20 – 0,40 yang terletak pada tingkatan “lemah atau rendah“.