UPAYA GURU PAI DALAM MEMOTIVASI SISWA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 9 WAGIR KABUPATEN MALANG

Main Author: ROSDISAH, KIKI DAIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23891/1/jiptummpp-gdl-kikidaisro-41598-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23891/2/jiptummpp-gdl-kikidaisro-41598-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23891/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan kualitas pembeljaran di SMK Muhammadiyah 9 Wagir Kabupaten Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah guru PAI dan siswa. Pemilihan lokasi SMK Muhammadiyah 9 Wagir kabupaten Malang sebagai setting penelitian berdasarkan pada masalah tentang motivasi pada siswa dan upaya guru PAI dalam memotivasi siswa, adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan tehnik kalitatif dengan analisis yang dilakukan oleh Muhammad Ali dengan tahap-tahap pengumpula data, reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) aktifitas belajar siswa di SMK Muhammadiyah 9 Wagir Kabupaten Malang. 2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. 3) upaya apa yang dilkukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dapat disampaikan bahwa aktifitas belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dilaksanakan satu kali dalam satu minggu dan pembelajaran ini lebih difokuskan kepada pembelajaran dan praktek sholat serta baca tulis Al-QuraÂ’an, kedua motivasi belajar siswa kurang, yang ditandai dengan bayaknya siswa yang sering datang terlambat, dan tidak mematuhi peraturan atau tata tertib sekolah, serta membolos pada saat jam pelajaran PAI berlangsung, ketiga upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatan motivasi belajar siswa terhadap pendidikan agama Islam yaitu dengan mencari inovasi-inovasi baru, menggunakan metode yang pariatif seperti LCD Proyektor, serta mengundang motifator untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal ini dapat dijadikan sebagi masukan atau tambahan agar skripsi ini lebih sempurna.