KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR ANAK SALEH KOTA MALANG

Main Author: Wahyuni, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23886/1/jiptummpp-gdl-sitiwahyun-42033-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23886/2/jiptummpp-gdl-sitiwahyun-42033-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23886/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kompetensi yang harus dimiliki guru mata pelajaran PAI dalam pembelajaran PAI berbasis multiple intelligencesuntuk ABK di SD Anak Saleh dan Mendeskripsikan implementasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligencesuntuk ABK di SD Anak Saleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences untuk ABK di SD Anak Saleh adalah sebagai berikut: (1) Kompetensi guru PAI di SD Anak Saleh sudah sesuai dengan standar kompetensi guru SD menurut departemen pendidikan nasional (Depdiknas), yaitu memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Selain kompetensi tersebut, guru PAI di SD Anak Saleh juga memiliki kompetensi sebagai Guru Pendamping Khusus (GPK) dan mengajar dengan strategi multiple intelligences, dan (2) pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences untuk ABK di SD Anak Saleh dimulai dengan tahap mempersiapkan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Perangkat pembelajaran tersebut berbeda dengan perangkat pembelajaran reguler, terutama pada tahap pembuatan RPP yang harus disesuaikan dengan ABK dan multiple intelligences siswadi kelas. Pelaksanaan pembelajaran memiliki tahapan sebagai berikut: (1) pendahuluan yang terdiri dari zona alfa, pemanasan, pre-teach, Scene Setting, (2) kegiatan inti, dan (3) penutup. Penilaian pembelajaran tersebut menggunakan penilaian autentik.