UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAM ISLAM (PAI) MELALUI BACA AL QURÂ’AN DI SMPN 04 PUJON SATU ATAP KABUPATEN MALANG
Main Author: | KHOIRI, AHKMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23882/1/jiptummpp-gdl-ahkmadkhoi-42154-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23882/2/jiptummpp-gdl-ahkmadkhoi-42154-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23882/ |
Daftar Isi:
- Upaya Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Baca Al-QurÂ’an di SMPN 04 Satu Atap Pujon Kabupaten Malang; Ahkmad Khoiri; NIM 201110010322123; Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang. Sistem pendidikan yang ada selama ini masih kurang mendukung terbentuknya karakter siswa, khususnya kurikulum pendidikan yang ada lebih fokus pada aspek penguasaan ilmu pengetahuan, sedang pengembangan aspek rohani melalui pendidikan karakter dan pendidikan agama yang menjadi landasan akhlak siswa kurang mendapat perhatian. Hal ini ditandai dengan adanya krisis moral dan kepribadian yang sampai saat ini masih melanda bangsa ini. Sebagai upaya solusi permasalahan tersebut sekolah dan guru sebagai pelaksana pendidikan dituntut untuk kreatif dalam mengupayakan peningkatan pendidikan karakter maupun pendidikan agama di sekolah. Sehingga banyak sekolah termasuk SMPN 04 Pujon Satu Atap Kabupaten Malang yang mengadakan penambahan jam pembelajaran al-QurÂ’an di sekolah. Berangakat dari hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan kajian lebih mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui baca al-QurÂ’an di SMPN 04 Pujon Satu Atap Kabupaten Malang. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah 1) Upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui baca al-QurÂ’an, 2) Apa saja faktor pendukung, penghambat dan solusinya dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI) melalui baca al QurÂ’an di SMPN 04 Pujon Satu Atap Kabupaten Malang? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui baca al-QurÂ’an di SMPN 04 Pujon Satu Atap Kabupaten Malang dan 2) Mengidentifikasi faktor pendukung, penghambat dan solusinya dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui baca al-QurÂ’an di SMPN 04 Pujon Satu Atap Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti bermaksud memahami permasalahan secara mendalam dengan analisis yang mendalam. Data yang digunakan berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisa data yang digunakan pada penelitian ini melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa PAI dalam Kurikulum 2013 kini berubah menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. K13 berorientasi pada pencapaian semua kompetensi peserta didik (kognitif, afektif, dan psikomotorik), menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa