CORRELATION BETWEEN ORGANIZATIONAL ACTIVITY AND STUDENT ACHIEVEMENT OF ISLAMIC FACULTY MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF MALANG

Main Author: ISNANI, FATIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23877/1/jiptummpp-gdl-fatiaisnan-40442-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23877/2/jiptummpp-gdl-fatiaisnan-40442-2-chapteri.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23877/
Daftar Isi:
  • Organisasi merupakan perkumpulan dari beberapa orang yang mempunyai tujuan dan memberikan manfaat bagi pengikutnya. Organisasi dalam dunia mahasiswa merupakan suatu wadah untuk aktualisasi diri. Dalam sebuah organisasi banyak kegiatan yang dilakukan di mana semua anggota organisasi harus berpartisipasi di dalamnya. Organisasi yang aktif dan bagus akan sering melatih para anggotanya baik dalam hal akademis maupun kepemimpinan. Sebagai seorang pelajar mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai materi akademik sedangkan sebagai seorang organisator mahasiswa memiliki tanggung jawab yang besar selaku penggerak organisasi. Bersatunya peran sebagai pelajar dan organisator dalam diri mahasiswa tentu menjadi tanggung jawab yang besar agar keduanya dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan subyek penelitian mahasiswa FAI angkatan 2012. Lokasi penelitian di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang, karena pada setiap tahun ajarnya di fakultas ini mengalami peningkatan minat berorganisasi oleh mahasiswanya. Pengumpulan data melalui observasi non- partisipatif, angket yang diberikan kepada responden dan dokumentasi terkait data-data penunjang penelitian. Pendekatan penelitian ini menguji hipotesis untuk mengetahui tingkat korelasi variabel penelitian. Hasil akhir dari penelitian ini, menunjukkan bahwa ada korelasi antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa, akan tetapi dengan hasil perhitungan interpretasi harga C yang sudah diubah ke dalam harga Phi (φ) sebesar 0,479583 menunjukkan bahwa tingkat korelasi bersifat sedang. Sehingga keaktifan berorganisasi bukan menjadi faktor utama penentu prestasi belajar mahasiswa. Didukung dengan hasil uji Chi Kuadrat 〖X^2〗_hitungsebesar sebesar 7,82 dibandingkan dengan 〖X^2〗_tabel sebesar 9,488 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya, bahwa kedua variabel bersifat bebas statistik. Sehingga bisa dikatakan bahwa keaktifan berorganisasi tidak berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa.