PENERAPAN METODE INQUIRY DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI ASPEK SEJARAH DAN KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI SMPN 13 MALANG

Main Author: SAFITRI, CATRIN NURIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23864/1/jiptummpp-gdl-catrinnuri-39471-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23864/2/jiptummpp-gdl-catrinnuri-39471-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23864/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Penerapan Metode Inquiry Discovery Learning dalam Pembelajaran PAI Aspek Sejarah dan Kebudayaan Islam Kelas VII H dan VII I di SMPN 13 Malang, 2) mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam Penerapan Metode Inquiry Discovery Learning dalam Pembelajaran PAI Materi Sejarah dan Kebudayaan Islam Kelas VII H dan VII I di SMPN 13 Malang, 3) mendeskripsikan Skill yang perlu dimiliki guru dalam menerapkan Metode Inquiry Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu salah satu strategi dalam mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan suatu metode dan bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, peneliti ingin memberikan kualitas skripsi yang baik dengan data-data dan hasil yang dapat dijadikan pertimbangan, jadi penelitian ini lebih menekankan pada kualitas data dan kualitas pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan Metode Inquiry Discovery Learning dalam Pembelajaran PAI Materi Sejarah dan Kebudayaan Islam Kelas VII H dan VII I di SMPN 13 Malang yaitu terdiri dari beberapa tahapan yaitu a) pemberian masalah b) mengumpulkan data c) pemecahan masalah d) membuat kesimpulan e) evaluasi. Selain itu, faktor pendukung dalam penerapan metode ini yaitu 1) guru 2) siswa 3) sarana dan prasarana 4) materi pelajaran, sedangkan faktor penghambat ada pada alokasi waktu. Pada saat guru ingin menerapkan metode tersebut perlu memperhatikan Skill yang perlu dimiliki yaitu a) mampu mengajar secara kontekstual b) mampu memberikan tugas yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan c) mampu memberikan penilaian secara proses d) mampu merangsang terjadinya interaksi antar siswa e) mampu memberikan motivasi untuk merangsang keaktifan siswa, sehingga pembelajaran bisa lebih optimal dan sesuai dengan tujuan yang dinginkan.