MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER IMTAQ (IMAN DAN TAQWA) DI SMP NEGERI 18 MALANG
Main Author: | TAUHIDAH, AZIMAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23856/1/jiptummpp-gdl-azimahtauh-39474-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23856/2/jiptummpp-gdl-azimahtauh-39474-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23856/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Pembinaan Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 18 Malang, dalam hal ini peneliti menfokuskan pada pembinaan akhlak siswa, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang ada dalam kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ. Manajemen pembinaan akhlak siswa pada hakikatnya tidak sekedar mengarahkan peserta didik pada aspek kognitif saja, akan tetapi pada aspek afektif dan juga psikomotoriknya. Berkenaan dengan pembinaan akhlak siswa, kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ merupakan salah satu kegiatan yang sangat mendukung untuk memberikan materi keagamaan yang akan meningkatkan kualitas akhlak. Berdasar pada informasi dan persoalan ini, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mempunyai tujuan untuk melakukan penelitian, diantaranya adalah untuk mengetahui akhlak siswa kelas VIII, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ di SMP Negeri 18 Malang. Penelitian yang dilakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendektan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakana metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ketempat lokasi secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan sebenarnya yang ada dilapangan, disini penulis sertakan dokumentasi yang lengkap dan penguat data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ disusun dengan mempertimbangkan kemampuan siswa yaitu dengan merencanakan dan mempersiapkan materi, metode, jadwal, tempat, media, tenaga pengajar dan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ kepada siswa yang diselenggarakan pada setiap hari memberikan suatu pengaruh yang positip kepada siswa dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak dan berkompeten. Evaluasi pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler memberikan kematangan pada kualitas pembinaan yang diberikan pada siswa SMP Negeri 18 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwasanya pembinaan akhlak siswa kelas VIII melalui kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ (iman dan taqwa) di SMP Negeri 18 Malang dapat dikatakan baik. Sehingga hasil dari evaluasinya adalah dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan siswa sehingga akan menjadikan akhlak yang luhur.