HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA
Main Author: | Al Kadim, Akhmad Musa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23830/ |
Daftar Isi:
- Self control adalah kemampuan untuk mengatur, membimbing dan mengarahkan perilaku individu kearah konsekuensi yang positif. Berkaitan dengan perilaku membeli, jika seseorang mampu mengendalikan dirinya dengan baik tentunya akan mampu mencegah terjadinya impulsive buying dan sebaliknya. Impulsive buying merupakan tindakan membeli seseorang tanpa ada perencanaan sebelumnya dan terjadi secara spontan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self control dengan impulsive buying pada mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 347 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan teknik cluster sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala self control dan skala impulsive buying. Untuk analisis datanya menggunakan korelasi product moment yang dibantu dengan program SPSS 18. Hasilnya diketahui bahwa ada hubungan dan signifikan antara self control dengan impulsive buying dengan kontribusi efektif sebesar 8,23%. Koefisien korelasi antara self control dengan impulsive buying adalah -0,287. Uji signifikasi menunjukkan hasil 0,000 (p<0,01).