HUBUNGAN KECENDERUNGAN ADIKSI GAME ONLINE DENGAN KESEPIAN PADA REMAJA AKHIR

Main Author: Mardini, Hikmah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23823/
Daftar Isi:
  • Kesepian adalah salah satu penyebab timbulnya perilaku negatif dan tidak terarah pada remaja akhir dan dewasa awal. Kerugian akibat kesepian setara dengan kerugian akibat kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol, juga beresiko menimbulkan rasa sakit, depresi dan berujung pada penyakit serius karena dapat menyerang sistem imun manusia. Salah satu penyebab adanya kesepian adalah karena adanya pemakaian berlebih pada game online yang menghalangi seseorang untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan adiksi game online dan dengan kesepian pada remaja akhir. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif-korelasional dengan menggunakan skala adiksi game online dan skala kesepian. Jumlah subjek sebanyak 105 orang dengan teknik purpossive sampling dalam pengambilan sampelnya. Hasil penelitian menyebutkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel dengan nilai koefisien korelasi 0,414 dan nilai signifikansi 0,000. Hal ini berarti semakin tinggi kecenderungan adiksi game online maka semakin tinggi pula kesepian.