PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI GURU DENGAN PENERIMAAN SOSIAL TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Pada Siswa Reguler Di Sekolah Inklusi)
Main Author: | Anggraeni, Retno Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23779/ |
Daftar Isi:
- Penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus merupakan masalah pokok bagi keberlangsungan dan kesuksesan sekolah inklusi. Penerimaan sosial juga merupakan aspek penting dalam mengembangkan konsep diri siswa berkebutuhan khusus. Penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus sendiri tidak terlepas dari peran seorang guru, selain guru sebagai sosok panutan bagi semua siswanya, guru juga merupakan bapak rohani yang berkewajiban untuk membimbing dan meluruskan tingkah laku dan perbuatan anak didiknya yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang kompetensi guru dengan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan dua skala, yaitu skala persepsi tentang kompetensi guru, dan skala penerimaan sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus. Jumlah subjek sebanyak 200 siswa reguler di sekolah inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus, dengan nilai r sebesar 0,274 dan nilai p= 0,000. Hal ini menunjukan bahwa semakin positif persepsi tentang kompetensi guru, maka semakin tinggi pula penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus, begitu pula sebaliknya, dengan sumbangan efektif sebesar 7,5%.