PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA GURU HONORER

Main Author: Andayani, Ambartiti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23767/
Daftar Isi:
  • Persoalan guru honorer di Indonesia semakin rumit, sebagian besar sekolah tidak sanggup menaikkan pendapatan mereka. Sedangkan bantuan dari pemerintah terbatas dan tidak merata. Ketidakpastian status kepegawaiannya untuk diangkat sebagai PNS menyebabkan posisi guru lemah dan sewaktu-waktu bisa dipecat. Psychological well-being merupakan kemampuan individu untuk menerima diri apa adanya, membentuk hubungan hangat dengan orang lain, memiliki kemandirian lingkungan sosial, mengontrol lingkungan eksternal, menetapkan tujuan hidupnya, dan merealisasikan potensi dirinya secara kontinu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui psychological well-being guru honorer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala RyffÂ’s Psychological Well-Being Scale. Pengukuran dilakukan terhadap 132 orang guru honorer, berusia antara 19 sampai dengan 46 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan analisa data menggunakan Z-score. Hasil penelitian menunjukkan dimensi sangat tinggi pada dimensi environmental mastery (17,4%), dan dimensi kategori tinggi berada pada dimensi autonomy (75%). Sedangkan dimensi psychological well-being pada kategori rendah yaitu pada dimensi aspek Self-Acceptance (54,5%) dan dimensi pada kategori sangat rendah yaitu pada dimensi personal growth (26,5%).