EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

Main Author: Nataliya, Prima
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23719/
Daftar Isi:
  • Teknik pembelajaran yang aktif merupakan cara kreatif untuk meningkatkan perhatian, motivasi, keterlibatan siswa, dan dianggap membantu proses belajar di kelas sehingga perlu diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya untuk menunjang kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Proses pembelajaran yang aktif tidak terlepas dari media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar diantaranya adalah permainan tradisional congklak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan tradisonal congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pra – eksperimental yaitu one group pre test – post tes design. Jumlah subjek adalah 13 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata kemampuan berhitung siswa SD sebelum dan setelah diberikan media pembelajaran berupa permainan tradisional congklak, dengan nilai t = -5,776 dan nilai p = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan tradisional congklak efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa SD.