PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA
Main Author: | Ansori, Saiful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23674/ |
Daftar Isi:
- Proses akademik merupakan hal yang harus dihadapi serta menjadi stresor dimana tidak jarang mahasiswa mengalami stres akademik. Stres akademik merupakan kondisi ketidaksesuaian antara tuntutan akademik dengan sumber daya aktual yang dimiliki sehingga mahasiswa merasa terbebani oleh berbagai tekanan dan tuntutan tersebut. Adversity quotient merupakan kemampuan yang dapat menjadi alternatif dalam menghadapi berbagai kondisi, masalah dan situasi yang menimbulkan stres akademik, sehingga dapat beradaptasi dengan lebih baik guna menunjang proses belajar. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap stres akademik pada mahasiswa, dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan skala adversity quotient dan skala stres akademik. Penelitian melibatkan sebanyak 346 mahasiswa UMM dengan metode sampling insidental dan analisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh negatif yang signifikan antara adversity quotient terhadap stres akademik, dengan nilai R= 0,529; F=133,936; p=0,000, o= 0,573. Hal ini berarti semakin tinggi adversity quotient maka akan semakin rendah stres akademik yang dialami mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah adversity quotient maka akan semakin tinggi stres akademik yang dialami mahasiswa.