HUBUNGAN CORE SELF EVALUATION DENGAN STRES KERJA PADA GURU BERSERTIFIKASI

Main Author: Nugroho, Prasetyo Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23672/
Daftar Isi:
  • Tuntutan administrasi sering kali menjadi penyebab stres yang dialami oleh guru bersertifikasi meskipun pekerjaan utamanya adalah sebagai pengajar. Stres kerja adalah perasaan mental saat pekerjaan ataupun tugas yang dikerjakan berada di luar kemampuan seseorang. Core self evaluation merupakan tingkatan dimana individu menganggap dirinya efektif, cakap, layak dan mampu mengendalikan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara core self evaluation, self esteem, self efficacy, locus of control, dan neuroticism dengan stress kerja pada guru bersertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah subjek sebanyak 160 guru di kota Probolinggo, Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan quota sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan 1) core self evaluation tidak memiliki hubungan dengan stres kerja, dengan nilai r = 0,122, dan nilai signifikan sebesar 0,126 (p > 0,05); 2) locus of control dan neuroticism tidak memiliki hubungan terhadap stres kerja dengan nilai r = -0,024 dan -0,144, dan nilai signifikan sebesar 0,765 dan 0,070; 3) self esteem dan self efficacy memiliki hubungan dengan arah positif terhadap stres kerja dengan nilai r = 0,197 dan 0,272, dan nilai signifikan sebesar 0,012 dan 0,001 (p < 0,05).