DESKRIPSI PERILAKU KONSUMTIF PRODUK FASHION PADA REMAJA

Main Author: Septiani, Rahmandalika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23635/
Daftar Isi:
  • Strategi pemasaran produk mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan-perubahan yang serba cepat dan proses globalisasi keadaan yang menyangkut hampir di seluruh bidang. Perubahan-perubahan itu memberikan pengaruh terhadap pola-pola kehidupan, kebiasaan, adat, trend dan model-model yang lama kini mulai ditinggalkan. Hal ini diiringi dengan tingkat kompleksitas masyarakat yang lebih tinggi. Salah satunya adalah perilaku konsumtif dan daya beli masyarakat di Indonesia semakin bertambah. Bagi produsen, kelompok usia remaja adalah salah satu pasar yang potensial. Alasannya antara lain karena pola konsumtif seseorang terbentuk pada usia remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran tentang perilaku konsumtif remaja. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan teknik sampel random sampling dengan jumlah subjek 297 remaja SMA dengan rentang usia 15-18 tahun. Instrument dalam penelitian skala perilaku konsumtif produk fashion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52% remaja menunjukkan perilaku konsumtif pada produk fashion, sedangkan 48% remaja tidak berperilaku konsumtif pada produk fashion. Adapun produk fashion yang diminati para remaja adalah pakaian (baju dan celana jeans) sebanyak 69,4%, dan pada sepatu sebesar 30,6%.