INTENSI BERUTANG DITINJAU DARI PERSONAL VALUE PADA KARYAWAN
Main Author: | SaÂ’diyah, Khilmatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23621/ |
Daftar Isi:
- Banyak dijumpai karyawan melakukan hutang dengan cara meminjam uang maupun membeli barang secara kredit, perilaku berhutang terjadi karena adanya niat atau kecenderungan melakukan hutang. Kecenderungan berutang berkaitan dengan personal values (nilai personal) dalam diri individu, dimana nilai menjadi standart hidup dalam berperilaku. Sehingga, pemahaman kecenderungan berutang individu dapat dilakukan dengan mengidentifikasi nilai yang dominan dalam dirinya. Intensi berutang merupakan kecenderungan atau niat seseorang untuk berutang, dan nilai personal merupakan keyakinan yang ada dalam diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan intensi berutang ditinjau dari nilai personal pada karyawan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala intensi berutang dan Potrait Values Questionair. Penelitian ini dilakukan pada karyawan dengan teknik pengambilan sampel secara random. Pengukuran dilakukan terhadap 154 karyawan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan intensi berutang yang signifikan (F=5,027;Sig= 0,002<0,05) ditinjau dari Personal Value pada karyawan.