PENGARUH METODE MULTIMEDIA LEARNING TENTANG PERINEAL HYGIENE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI MENSTRUASI DI SMP PGRI 1 PAKISAJI KABUPATEN MALANG

Main Author: PAWESTI, GITA CITRA TRISNA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23543/1/jiptummpp-gdl-gitacitrat-40027-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23543/2/jiptummpp-gdl-gitacitrat-40027-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23543/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Remaja putri yang mengalami menstruasi sangat rentan dengan kesehatan reproduksi. Masalah utama yaitu kurangnya pengetahuan dan sikap tentang perineal hygiene yang menyebabkan timbulnya suatu penyakit. Cara untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap yaitu dengan promosi kesehatan tentang perineal hygiene dengan menggunakan metode multimedia learning. Multimedia learning yaitu suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar dalam bentuk kata-kata dan gambar sebagai suatu metode dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh multimedia learning tentang perineal hygiene terhadap pengetahuan dan sikap pada remaja putri yang mengalami menstruasi. Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimental (pretest-posttest control group design). Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 1 Pakisaji Kabupaten Malang dengan melibatkan jumlah responden sebanyak 66 orang remaja putri yang sudah mengalami menstruasi. Teknik sampling Propotionate stratified random sampling dan teknik analisa data menggunakan independent t-test. Hasil : Menunjukkan bahwa nilai probabilitas pengetahuan kelompok intervensi (P)=0,054, kelompok kontrol (P)=0.098. sedangkan nilai probabilitas sikap kelompok intervensi (P)= 0,701, kelompok kontrol (P)= 0,080. Diperoleh kedua rata-rata populasi terhadap pengetahuan yaitu nilai thitung = 13,618>ttabel=1,997. Karena nilai P < dari 0,05 maka Ho ditolak. Sedangkan nilai kedua rata-rata populasi terhadap sikap yaitu nilai thitung = 7,517>ttabel=1,997. Karena nilai P < dari 0,05 maka Ho ditolak Kesimpulan : Ada pengaruh multimedia learning tentang perineal hygiene terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri yang mensgalami menstruasi di SMP PGRI 1 Pakisaji kabupaten Malang.