EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN MEDIA VLM (VIDEO LEARNING MULTIMEDIA) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER KESEHATAN

Main Author: ARTARIA, ANGRENANI OKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23540/1/jiptummpp-gdl-angrenanio-40028-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23540/2/jiptummpp-gdl-angrenanio-40028-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23540/
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Pendidikan kesehatan reproduksi merupakan bagian dari peran perawat yang professional dalam upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit (preventif), khususnya tentang kesehatan reproduksi, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta sikap masyarakat khususnya kaum perempuan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melaksanakan pendidikan kesehatan reproduksi, salah satunya dengan media VLM (video learning multimedia). VLM adalah sebuah media pembelajaran berupa video / tayangan bergerak. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan pendekatan one grup pretest dan posttest. Pengambilan sample dilakukan dengan cara proportionate purposive sampling, dari 154 total jumlah populasi didapatkan jumlah sample penelitian sebanyak 55 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Penelitian ini dilaksanakan pada maret 2015 di wilayah kelurahan Merjosari. Hasil : : Berdasarkan hasil analisis Uji Wilcoxon dengan program SPSS, pada variabel pengetahuan diperoleh nilai Z = -6.346 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) dan pada variabel sikap diperoleh nilai Z = -6.326 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) dapat ditarik kesimpulan H1 diterima Diskusi : Pendidikan kesehatan reproduksi dengan menggunakan media VLM dinilai efektif, karena ketika seseorang melihat tampilan atau tayangan bergerak, semua indera yang ada di manusia berkerja, dan itu yang akan menyebabkan seseorang mampu menyerap informasi secara cepat.