i HUBUNGAN TERPAAN IKLAN PASANGAN CALON PRESIDENDAN WAKIL PRESIDEN DI TELEVISI DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH (Studi pada Pemilih Pemula di Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang)

Main Author: Wibowo, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23527/1/jiptummpp-gdl-aguswibowo-42504-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23527/2/jiptummpp-gdl-aguswibowo-42504-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23527/
Daftar Isi:
  • Media massa khususnya elektronik adalah sumber informasi yang memiliki daya minat masyarakat yang paling banyak, hampir setiap rumah memiliki televisi, sebagai wahana mendapatkan informasi. Menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden, media massa adalah salah satu wahana yang berperan penting didalam menyampaikan orasi polik para calon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis hubungan iklan pasangan calon presiden dan wakil presiden di televisi dengan keputusan memilih, sekaligus mengetahui seberapa besar hubungan iklan pasangan calon presiden dan wakil presiden di televisi dengan keputusan memilih. Dalam memahami tentang perilaku pemilih, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis dan pendekatan rasional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Untuk mempermudah interpretasi data, maka dalam penelitian ini digunakan skala likert dengan penelitian skala 5 tingkat. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan terpaan iklan pasangan calon presiden dan wakil presiden di televisi dengan keputusan memilih sekaligus memiliki hubungan terpaan yang saling membutuhkan. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari pada alpha (0.000<0.05) sehingga H0 ditolak, artinya terdapat hubungan terpaan (korelasi) antara Variabel X (Iklan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden di Televisi) dengan Variabel Y (Keputusan Memilih). Besarnya hubungan terpaan iklan pasangan calon presiden dan wakil presiden di televisi dengan keputusan memilih sebesar 0,931. Nilai korelasi ini menunjukkan bahwa hubungan terpaan antara variabel bebas yaitu X dengan variabel terikat yaitu Y termasuk kategori sangat kuat. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan terpaan yang saling membutuhkan antara iklan pasangan calon presiden dan wakil presiden di televisi dengan keputusan memilih dengan nilai korelasi termasuk kategori sangat kuat