HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT TK.II dr.SOEPRAOEN KOTA MALANG
Main Author: | ROSYDELIA, WINDARI PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23477/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan pasien merupakan yang terpenting untuk memperkirakan keinginan dan harapan pasien agar pelayanan yang disediakan pada akhirnya meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian dan dapat memberikan kepuasan pada pasien. Pengukuran tingkat kepuasan pasien mutlak diperlukan. Melalui pengukuran tersebut, dapat diketahui sejauh mana dimensi-dimensi mutu layanan kesehatan yang telah diselenggarakan dapat memenuhi harapan pasien dan Untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tk.II dr.Soepraoen kota Malang. Penelitiaan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan metode survei dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode porposive sampling, kemudian data diannalisa dengan metode Korelasi Spearmandengan menggunakan program Statistical Product For Service Solution (SPSS). Hasil penelitian ini dari 100 responden yang menilai Mutu pelayanankefarmasian sangat baik yaitu sebanyak 31 orang (31%), baik 69 orang (69%), dengan tingkat kepuasan sangat puas yaitu 30 orang (30%), puas 70 orang (70%). Adanya hubungan antara mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien menggunakan korelasi spearman. Dengan nilai rshitung 0,646 lebih besar dari rstabel 0,199 dengan nilai (df = 98, α = 0,05). Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tk.II dr.Soepraoen kota Malang dan outcome kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian sebesar 76,99%.