PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TENTANG PENDIDIKAN REPRODUKSI DINI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPAN ANAK USIA 9-13 TAHUN MENJELANG MENARCHE DI SDN PAKISAJI 01 KABUPATEN MALANG
Main Author: | TAWAINELLA, AYU HARYATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23408/1/jiptummpp-gdl-ayuharyati-38767-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/23408/2/jiptummpp-gdl-ayuharyati-38767-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23408/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang :Masa peralihan anak perempuan memasuki remaja akan mengalami perubahan-perubahan, baik fisik maupun psikologis. Salah satunya akan mengalami menstruasi pertama atau dikenal dengan sebutan Menarche. Tidak jarang anak perempuan akan menampilkan respon negative saat terjadi menstruasi pertama kali seperti bingung, cemas dan takut sehingga informasi terkait menstruasi pertama dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan serta kesiapan dalam menghadapi menarche. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis multimedia tentang pendidikan reproduksi dini terhadap pengetahuan dan kesiapan menjelang menarche pada siswi kelas 4, 5, dan 6 dengan rentang usia antara 9-13 tahun. Metode :Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design, pada 63 orang responden yang diambil dengan cara stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan Paired T test. penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu dari tanggal 6 januari 2015- 17 januari 2015. Hasil : Didapatkan hasil yang menunjukan ada peningkatan pengetahuan setelah diberikan intervensi berupa pendidikan reproduksi dini dengan metode berbasis multimedia yaitu dari rata-rata skor pretest 10,06 meningkat menjadi 12,43 pada posttest. Peningkatan juga terlihat pada aspek kesiapan dimana rata-rata skor kesiapan pretest 7,24 meningkat menjadi 8,74 pada posttest dengan nilai signifikansi pada pengetahuan dan kesiapan p = (0,001 < 0,05 ), sehingga dapat dinyatakan bahwa H1 diterima. Kesimpulan : Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian pendidikan reproduksi dini dengan metode berbasis multimedia terhadap pengetahuan dan kesiapan anak usia sekolah (9-13 Tahun) menjelang menarche di SDN Pakisaji 01 Kabupaten Malang.