Hubungan Perilaku Konsumsi Minuman Beralkohol Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Di Kota Malang

Main Author: Kurnia, Yusnita Alfi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23332/1/jiptummpp-gdl-yusnitaalf-38925-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23332/2/jiptummpp-gdl-yusnitaalf-38925-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23332/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Mahasiswa mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di sekitarnya sehingga membuat mereka dihadapkan pada berbagai godaan yang menarik salah satunya adalah mengkonsumsi minuman berakohol. Alkohol dapat mempengaruhi saraf pusat sehingga menyebabkan terganggunya motorik, kemampuan berfikir, penurunan daya ingat, persepsi dan kesadaran. Faktor fisiologis ini menyangkut kebugaran tubuh. Kondisi umum jasmani dapat mempengaruhi semangat dan intensitas dalam proses belajar. Metode Penelitian : Desain penelitian yang digunakan adalag penelitian non eksperimen dengan pendekatan cross sectional yang mengkaji hubungan antara variabel. Skripsi ini dibuat mulai Juli 2015 hingga Januari 2015, subyek dalam penelitian ini adalah 42 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan hasil penelitian dalam penelitian ini menggunakan Uji korelasi pearson product moment. Hasil Penelitian : Hasil analisis data menunjukkan bahwa Uji korelasi pearson product moment didapatkan hasil nilai Sig (2-tailed) = 0,000 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku konsumsi minuman beralkohol dan prestasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan : Perilaku konsumsi minuman beralkohol memiliki hubungan dengan prestasi belajar pada mahasiswa karena menkonsumsi minuman beralkohol dapat berpengaruh pada system saraf pusat yang dapat menyebabkan terganggunya sistem motorik dan kemampuan dalam berpikir. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti perilaku konsumsi minuman beralkohol terhadap masalah lain yang dihadapi mahasiswa.