Strategi Komunikasi Crewleader dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Fast Food (Studi pada Crewleader McDonald s Sarinah Malang )

Main Author: SAPUTRO, ANJAS SANDY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23259/1/jiptummpp-gdl-anjassandy-40937-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23259/2/jiptummpp-gdl-anjassandy-40937-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23259/
Daftar Isi:
  • Strategi komunikasi menjadi salah satu faktor penting demi membangun terciptanya kelancaran sistem operasional suatu perusahaan dalam mencapai target. Hal ini mengingat seringkali terjadinya ketidakstabilan pencapaian target perusahaan sebagai akibat dari ketidaknyamanan yang dialami oleh para karyawan operasional atas sikap-sikap yang ditunjukkan oleh para staf karyawan yang berada di level tertinggi dari struktur organisasi perusahaan mereka. Di sinilah dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat untuk bagaimana leader mampu mengkondisikan para anggotanya agar tetap fokus pada tugas utama sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan perusahaan, dan juga bisa didukung dengan kombinasi antara perencanaan dan managemen perusahaan yang tepat didalam kondisi dan situasi kerja yang dinamis. Penelitian ini menggunakan 2 teori Yaitu teori Strategi Komunikasi dan Kinerja Karyawan dalam pelayanan. Strategi Komunikasi merupakan paduan dari perencanaan komunikasi, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan crew leader dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada crew yang berfungsi berfungsi untuk mengatur rencana jika terjadi situasi yang tidak terduga dan perlu melakukan perubahan. Kinerja karyawan merupakan hasil kerja yang dicapai oleh crew yang ditunjukkan kualitas kerja, kuantitas kerja dan ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan pada konsumen. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian dalam bentuk deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data mengenai strategi komunikasi dalam meningkatkan kinerja karyawan pada McdonaldÂ’s Cabang Sarinah Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu mengambil suatu permasalahan atau kasus pada perusahaan sebagai obyek penelitian dan berusaha mendeskripsikan situasi yang terjadi kemudian dianalisa dan disimpulkan dengan situasi tersebut dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukan Crew Leader melakukan perencanaan penyampaian pesan dan informasi melalui Metting Crew Leader dengan Store Manajer dengan menggunakan media SOC yaitu Station Opservation check list, yang sudah dirancang oleh manajemen Pusat, Video, Station Guide dan Hands out. Pelaksanaan Penyampaian pesan dan informasi didasarkan pada karakter dan kondisi bawahan dan disampaikan secara jelas dan detail. Evaluasi strategi komunikasi dilakukan oleh Pimpinan dan crew leader serta dilakukan tiap hari dengan memberikan support dan reward. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Crew Leader pada McdonaldÂ’s Cabang Sarinah Malang telah melakukan strategi komunikasi dalam usaha meningkatkan kinerja pelayanan yang terdiri perencanaan komunikasi, implementasi atau pelaksnaan penyamapaian pesan atau informasi dan melakukan evaluasi terhadap strategi yang telah dijalankan.