PENERIMAAN MAHASISWA TERKAIT PROMOSI MELALUI SMS BROADCAST (Studi Resepsi pada Mahasiswa Program Studi Komunikasi angkatan 2014 UMM Malang)
Main Author: | NUGROHO, YUDHO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23255/1/jiptummpp-gdl-yudhonugro-40938-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23255/2/jiptummpp-gdl-yudhonugro-40938-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23255/ |
Daftar Isi:
- Broadcast Message merupakan jenis SMS satu arah yang dikirim ke banyak nomor tujuan bersifat satu arah yang digunakan sebagai penyampaian pesan atau informasi dengan waktu pengiriman yang bisa dijadwalkan. Broadcast Message yang mengandung konten positif maupun negatif. Informasi positif maupun negatif tersebut dapat disikapi dan diterima dengan respon berbeda-beda dari mayarakat. Respon yang akan timbul dari masyarakat ini dipengaruhi oleh media literacy atau kemampuan khalayak memahami media. Untuk informasi yang positif, ini tidak akan menjadi masalah, lain halnya dengan informasi negative yang belum tentu benar dan akurat sehingga dapat menimbulkan kebingungan dan kecemasan Penelitian ini menggunakan 2 teori Yaitu teori Penerimaan atau resepsi dan Broadcast Message. Penerimaan merupakan pengalaman tentang obyek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan atau persepsi ialah memberikan makna pada stimulasi inderawi. Broadcast Message merupakan Broadcast merupakan jenis SMS satu arah yang dikirim ke banyak nomor tujuan. Mengingat sifatnya yang satu arah, maka jenis SMS ini sangat cocok digunakan sebagai bentuk promosi. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian dalam bentuk deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data mengenai penerimaan khalayak terhadap isis pesan Broadcast Message. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Analisis Resepsi Model Encoding/Decoding Stuart Hall, kemudian dianalisa dan disimpulkan dengan situasi tersebut dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukan Mahasiswa Program Studi Komunikasi angkatan 2014 UMM Malang merupakan audience yang aktif dalam memaknai isi pesan media massa khususnya broadcast message. Terdapat empat informan yang berada pada kategori oppositional position yang menerima broadcast message sebagai suatu pesan yang mengganggu, tidak mempercayai isi pesan, tidak membahas isi pesan dan tidak menindaklanjuti dengan menunjukkan pada rekan atau teman. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat satu informan dalam kategori Negotiated Position dengan menerima broadcast message sebagai pesan yang tidak mengganggu, percaya jika pesan berisi promosi akan menidaklanjuti dengan diskusi, tetapi apabila bila isi pesan bukan promosi akan mengabaikan isis pesan. Temuan penelitian juga menunjukkan satu informan pada kategori Hegemonic Position dengan menerima isi pesan benar dan tidak mengganggu, menindaklanjuti isis pesan dengan menunjukkan pada rekan dan berdiskusi.