i SKRIPSI AKTIVITAS HUMAS DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN MEDIA MASSA (Studi pada Perum Bulog Divre NTB Bulan November 2014)
Main Author: | Anamecci, Yeni Sofia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23216/1/jiptummpp-gdl-yenisofiaa-41016-1-pendahul-f.pdf http://eprints.umm.ac.id/23216/2/jiptummpp-gdl-yenisofiaa-41016-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23216/ |
Daftar Isi:
- Bulog adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk pemerintah sebagai perusahaan penangan pangan. Dalam pelaksaannya program Bulog selalu mendapat simpati para publik melalui program penyaluran beras bersubsidi kepada masyarakat berpendapatan rendah. Namun, bekal pengawasan, serta program yang ada tidak cukup menghindari permasalahan dalam bekerja. Terjadi beberapa kasus, sehingga menciptakan citra negative di dalam masyarakat. Hal tersebut menjadi alasan dilakukannya penelitian mengenai apa saja aktivitas humas dalam menjalin hubungan baik dengan media massa dan Kendala yang dihadapi Humas Perum Bulog Divre NTB dalam menjalin hubungan dengan media Massa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Lokasi dari penelitian ini adalah Perum Bulog Divre NTB.Informan penelitian yaitu Humas Perum Bulog Divre NTB Marlinda Olha Kathrin, Pimpinan Perum Bulog Divre NTB M. Sugit Tedjo Mulyono, Staff Administrasi Perum Bulog Divre NTB Nuraini. Penelitian dilakukan di Jalan Langko No. 110 Mataram-NTB. Serta Informan yang Meliputi Media Patner yaitu Pimpinan Redaksi Lombok Post Fathul Rahman, Wartawan Lombok Post Diky Wahyudi dan Shopan Sipian. Penelitian dilakukan di Jalan Teguh Faisal No. 33 Cakranegara Mataram-NTB. Serta menggunakan teknik analisis data 1) Reduksi Data 2) Model Data 3) Penarik Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Secara keseluruhan aktivitas yang dilakukan humas Perum Bulog Divre NTB dalam membina hubungan baik dengan wartawan ditunjukkan untuk mempermudah proses penyampaian informasi dan memperoleh dukungan dalam mengantisipasi informasi-informasi negatif yang mungkin dapat beredar yakni : 1)menghubungi wartawan 2)membuat Press Release 3)mengkliping pemberitaan 4) Menyediakan bahan yang dibutuhkan wartawan, serta memiliki kendala yaitu tidak adanya staf khusus kehumasan dan tidak memiliki data-data baik contact person maupun alamat dari media lain sehingga menyulitkan perusahaan dalam mengundang media apabila ada kegiatan yang berhubungan dengan perusahaan.