PENERIMAAN AUDIENS TENTANG PROGRAM TAYANGAN RISING STAR INDONESIA DI RCTI (Studi Resepsi di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang 2012)
Main Author: | Purnamasari, Anindya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23209/1/jiptummpp-gdl-anindyapur-41028-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23209/2/jiptummpp-gdl-anindyapur-41028-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23209/ |
Daftar Isi:
- Rising Star Indonesia adalah sebuah acara reality show dengan tema ajang pencarian bakat yang mengadaptasi dari luar negeri dan ditayangkan oleh RCTI. Meskipun acara semacam Rising Star memang acara hiburan yang sudah umum ada di Indonesia. Namun, Rising Star terlihat berbeda dari segi kemasan acara yang inovatif yaitu dengan sistem vote melalui aplikasi untuk memudahkan penonton agar dapat memilih peserta tanpa mengeluarkan pulsa. Kemasannya dibuat semenarik mungkin oleh penyelenggara, sehingga dapat membuat khalayak tertarik ataupun tertantang untuk mengikuti Rising Star bahkan hanya sekedar ikut memberikan suara kepada para peserta yang lolos. Lalu bagaimanakah penerimaan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2012 sebagai audiens dari Rising Star Indonesia. Teori yang digunakan adalah teori reception yaitu sebuah alternatif untuk penelitian khalayak dalam penerimaannya tentang sebuah teks media, yang mengambil sudut pandang audiens bukan media pengirim pesan. Dan melihat langsung faktor-faktor pengaruh yang dimiliki khalayak terhadap penggunaan media. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimana penelitian ini menggunakan data deskripstif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati (Bogdan dan Taylor dalam Moleong, 2000: 3). Penelitian ini menggunakan pendekatan reception studies yang bertujuan agar peneliti dapat mengetahui penerimaan mahasiswa tentang tayangan yang akan diteliti. Peneliti mengambil subjek dari kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2012. Hasil dari penelitian yang dilakukan kepada subjek dapat diketahui dalam mengungkapkan penerimaan dari acara adopsi luar negeri seperti Rising Star, dipengaruhi oleh faktor yakni pengetahuan dan pengalaman. Seluruh subjek berada pada posisi hegemoni terkait pengetahuan dan beberapa bagian dalam kemasan acara tentang Rising Star. Subjek mengetahui apa Rising Star Indonesia. Posisi negosiasi oleh subjek 2, 3, 4, 6, 7, 9, dan 10 dari segi motif dan kemasan acara berkaitan dengan audisi, urutan acara, pemilihan pemenang, host, dan aransemen lagu dan posisi oposisi ditemukan pada subjek 5,6, dan 9 berkaitan segi tampilan host. Dari faktor itulah turut mempengaruhi bagaimana subjek meresepsi teks media.