KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MENURUT INTERAKSI SIMBOLIK (Studi Kasus Pada Mahasiswa indekos Universitas Muhammadiyah Malang Dengan Orang Tua dan Lingkungan Sosial)
Main Author: | MUBAROK, HAIDAR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23201/1/jiptummpp-gdl-haidarmuba-41030-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23201/2/jiptummpp-gdl-haidarmuba-41030-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23201/ |
Daftar Isi:
- Salah satu penentu dalam keberhasilan pengembangan diri adalah dengan konsep diri. Untuk itu diperlukan komunikasi antarpribadi yang merupakan salah satu faktor yang menentukan konsep diri seseorang. Dalam komunikasi antarpribadi terdapat interaksi simbolik yang dapat mengajarkan interaksi di antara manusia. Untuk itu perlu adanya upaya meneliti konsep diri dalam komunikasi antarpribadi menurut interaksi simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Karakteristik mahasiswa indekos Universitas Muhammadiyah Malang (2) menjelaskan konsep diri dalam komunikasi antarpribadi menurut interaksi simbolik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi indekos yang masih aktif kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang, minimal telah menempuh perkuliahan selama satu tahun. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh peneliti berasal dari subjek yang memiliki kriteria sesuai dengan yang ditetapkan peneliti. Hasil penelitian dari lima subjek yang di teliti memiliki karakteristik yang berbeda-beda karena adanya perbedaan latar belakang keluarga, lingkungan, dan cara orangtua mendidik, yang membuat pribadi setiap subjek berbeda-beda. Dari lima subjek terdapat tiga subjek yang disimpulkan memiliki konsep diri dominan positif hal itu dipengaruhi oleh empat faktor yaitu orangtua, lingkungan, budaya dan evaluasi diri. Dalam penelitian ini, pembentukkan konsep diri terbentuk karena adanya interaksi individu dengan orang-orang disekitarnya, serta tidak terlepas dari struktur, peran, dan status sosial yang disandang seorang individu. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar orangtua dan anak yang tidak tinggal bersama karena anak menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang harus menjalin komunikasi dan saling terbuka sehingga tetap merasa dekat walaupun berada di tempat yang jauh berbeda tempat tinggal.