PROMOSI MUSIK INDIE MELALUI RADIO STREAMING (Studi Pada Radio Streaming Kanaltigapuluh di Kota Malang)

Main Author: Setyawan, Ronny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23185/1/jiptummpp-gdl-ronnysetya-41038-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23185/2/jiptummpp-gdl-ronnysetya-41038-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23185/
Daftar Isi:
  • Radio streaming adalah sebuah inovasi teknologi terbaru di bidang radio siaran, yang sistem operasi penyiarannya berbeda dengan radio frekuensi. Radio streaming membutuhkan koneksi internet untuk penyiarannya, sehingga informasi yang tersebar bisa lebih meluas. Karena hal tersebut, banyak musisi indie yang ingin bekerjasama dengan radio streaming untuk media mempromosikan karya-karya atau lagu-lagu mereka. Dari latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah ”Bagaimana promosi musik indie melalui radio streaming kanaltigapuluh di kota Malang ?”. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi musik indie melalui radio streaming kanaltigapuluh di kota Malang. Dalam penelitian ini, peneliti memakai teori tentang komunikasi pemasaran yang didalamnya terdapat bauran promosi (promotion mix) menurut Philip Kotler. Untuk menemukan rencana promosi suatu produk atau jasa yang biasanya dilakukan oleh suatu perusahaan. Karena promosi memegang peranan penting, tanpa promosi konsumen maupun masyarakat secara keseluruan tidak akan mengetahui keberadaan produk dipasar, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma penelitian berdasarkan post postivistik dengan pendekatan dan tipe penelitian deskriptif kualitatif.. Dan fokus penelitiannya, radio streaming, promosi, musik indie. Pemilihan informannya 2 dari pihak radio streaming kanaltigapuluh, 3 lagi dari pelaku dan pendengar musik indie. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Unit analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan melakukan penarikan kesimpulan, kemudian melakukan uji keabsaahan data dengan menggunakan teknik triangulasi untuk mendapatkan hasil data yang valid. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa radio streaming kanaltigapuluh sudah sangat efektif dalam mempromosikan musik indie, walaupun dalam promosinya tidak semua bauran promosi yang digunakan, seperti penjualan tatap muka (personal selling) tidak dilakukan oleh pihak radio streaming kanaltigapuluh. Walaupun hal tersebut tidak dilakukan, tetapi para pendengar dan pelaku musik indie, sudah sangat terbantu dengan adanya radio streaming yang tersegmentasi pada anak muda.