i ”PENGARUH PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN” (Survei pada Pelanggan Pondok Strawberry-Pacet Kabupaten Mojokerto)
Main Author: | FEROZA, RYAN AMADEA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23167/1/jiptummpp-gdl-ryanamadea-41039-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23167/2/jiptummpp-gdl-ryanamadea-41039-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23167/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan pelanggan merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Tentunya beberapa aspek perlu diperhatikan untuk dapat selalu meningkatkan kualitas pelayanan sebuah perusahaan, seperti diferensiasi produk yang ditawarkan, meningkatkan layanan jasanya dan sumber daya manusia (SDM). Dengan tujuan dapat menarik keputusan pembelian konsumen atau calon pengunjung untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan yang diberikan customer service dengan variabelnya adalah realibility, responsiveness, competence, acces, courtesy, communication, credibility, security, understanding to knowing customer service, tangibles, terhadap nilai-nilai kepuasan pelanggan di Pondok Strawberry-Pacet Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey atau penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil. Metode pengambilan sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling yang dikenal juga sebagai sampling pertimbangan ialah teknik sampling yang digunakan jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 responden yang merupakan pelanggan Pondok Strawberry-Pacet Kabupaten Mojokerto. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dengan bantuan software SPSS 19.0. Berdasarkan hasil uji regresi berganda didapatkan hasil Y = 19,119 + 0,071X1 + 0,405 X2+ 0,285 X3+ 0,045 X4+ 0,199 X5 + 0,079 X6 + 0,111X7 + 0,099 X8 + 0,339 X9 + 0,123X10. Artinya adalah realibility, responsiveness, competence, acces, courtesy, communication, credibility, security, understanding to knowing customer service, tangibles berperngaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel realibility, responsiveness, competence, acces, courtesy, communication, credibility, security, understanding to knowing customer service, tangibles berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan besarnya pengaruh dari variabel bebas secara bersama-sama dapat dilihat dari nilai R Square sebesar 0,405, hal ini menunjukkan semua variabel bebas memberikan pengaruh secara bersama-sama sebesar 40,5%, sedangkan nilai sisanya sebesar 59,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dari itu perusahaan hendaknya gencar dan intensif dalam melakukan setiap pelayanan terhadap pelanggannya, agar tujuan dari usaha jasa yang dikembangkan dapat diterima baik oleh masyarakat luas.