i PENGARUH TERPAAN IKLAN SADAR PAJAK DI TELEVISI TERHADAP AKTIVITAS MASYARAKAT MEMBAYAR PAJAK (Studi pada Masyarakat Dusun Tulungrejo Desa Tulungrejo Kec. Pare Kab. Kediri)

Main Author: SOLIKHIN, MIFTAKHUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23128/1/jiptummpp-gdl-miftakhuls-41111-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23128/2/jiptummpp-gdl-miftakhuls-41111-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23128/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul Pengaruh Terpaan Iklan Sadar Pajak di Televisi Terhadap Aktivitas Masyarakat Membayar Pajak, diawali oleh ketertarikan peneliti terhadap tayangan iklan sadar pajak yang setiap tahun muncul dibeberapa stasiun televisi swasta. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui kuatnya pengaruh terpaan iklan sadar pajak di televisi terhadap aktivitas masyarakat membayar pajak. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh terpaan iklan sadar pajak di televisi terhadap aktivitas masyarakat membayar pajak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek yang kuat (Powerfull Effects Theory). Teori ini menjelaskan tentang gambaran realita dibentuk dengan sangat kuat oleh media massa, dengan kata lain efek media massa bersifat langsung. Teori ini juga mengasumsikan bahwa media massa dapat menyuntikan informasi, ide, dan bahkan propaganda ke publik. Dalam proses selanjutnya komunikan atau khalayak akan terpengaruh oleh kekuatan media massa yang berdampak pada perubahan tindakan dan perilaku komunikan atau khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di Dusun Tulungrejo Desa Tulungrejo, Kec. Pare, Kab. Kediri dengan waktu pelaksanaan selama tiga bulan mulai dari pengumpulan data, pra survei, survei dan analisis data. Sementara itu, penyebaran kuesioner dilakukan selama seminggu atau tujuh hari. Sampel pada penelitian ini adalah warga Dusun Tulungrejo sejumlah 76 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Adapun probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Sementara itu, untuk uji validitasnya menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dan uji hipotesisnya menggunakan rumus uji F. Semua uji yang dilakukan dalam pengolahan data menggunakan SPSS versi 20.0 for windows operating system. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terbukti adanya pengaruh yang kuat dari terpaan iklan sadar pajak di televisi terhadap aktivitas masyarakat membayar pajak. Kuatnya pengaruh terpaan iklan sadar pajak di televisi terhadap aktivitas masyarakat membayar pajak adalah sebesar 65,2%. Sehingga dapat dikatakan jika Tayangan Iklan Sadar Pajak Menerpa Masyarakat Dusun Tulungrejo terus menerus, maka akan muncul peningkatan aktivitas pada masyarakat atau khalayak untuk membayar pajak.