KONSTRUKSI PEMBERITAAN MEDIA ONLINE MENGENAI ISU INTERNET INDONESIA TERANCAM MATI TOTAL (analisis framing pada www.tempo.co dan www.kompas.com)

Main Author: Setyawan, Aditya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23125/1/jiptummpp-gdl-adityasety-41287-1-1.penda-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23125/2/jiptummpp-gdl-adityasety-41287-2-2.babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23125/
Daftar Isi:
  • Kasus korupsi Direktur IM2 yang kembali diusut oleh MA yang mengancam Internet di Indonesia terancam mati total membuat berbagai media online fokus terhadap pemberitaan mengenai kasus ini. Media mengonstruksi berita dengan latar belakang yang berbeda serta penonjolan pemberitaan dari berbagai sisi. Analisis framing pada berita Internet di Indonesia terancam mati total (analisis framing pada www.tempo.co dan www.kompas.com) bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tempo.co dan Kompas.com mengkonstruksi sebuah berita dan mengetahui bagaimana kedua media tersebut mengkonstruksi berita mengenai Internet Indonesia terancam mati total. Penelitian ini menggunakan teori hirarki pengaruh isi media Pamela Shoemaker dan Steven D Reese, yang menjelaskan tingkatan level yang mempengaruhi media dalam mengemas berita. Terdapat lima level yang mempengaruhi media dalam mengemas berita, level individual, level rutinitas, level ekstramedia dan level ideology. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksionis dengan pendekatan kualitatif. Metode Pan dan Kosicki digunakan untuk meganalisa data berupa artikel dari dua media online Indonesia yang memiliki kesamaan pembahasan tentang kasus korupsi yang mengancam dunia internet. Adapun jumlah berita yang dianalisis ada tiga berita dari masing-masing media. Pengumpulan data dilakukan dengancara mendokumentasikan berita dari kedua media, kemudian dianalisis secara interpretatif menggunakan analisis framing kemudian disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang mencolok dalam konstruksi pemberitaan pada media online mengenai Internet di Indonesia terancam mati total yang dilakukan www.tempo.co dan www.kompas.com. Sudut pandang yang ditulis berbeda dari kedua media yang diteliti. www.tempo.co cenderung netral dalam pemberitanya. Level ideology menjadi level paling berpengaruh dalam teks berita www.tempo.co. Sementara www.kompas.com cenderung berpihak pada pihak IM2 dan memberikan dukungan terhadap Indar Atmanto IM2, level ekstramedia yang merupakan pihak iklan menjadi factor paling berpengaruh dalam pemberitaan www.kompas.com. Kelima level tersebut yang mempengaruhi www.tempo.co dan www.kompas.com dalam menyiapkan berita, menentukan tujuan, menentukan integritas penulisan dan menyajikan berita.