PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN HIDROLIS PADA MOBIL URBAN DIESEL TUGAS AKHIR BIDANG KONTRUKSI

Main Author: YUSRON, MOHAMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23111/1/jiptummpp-gdl-mohamadyus-41141-2-babia.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23111/2/jiptummpp-gdl-mohamadyus-41141-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23111/
Daftar Isi:
  • Kendaraan urban diesel yaitu kendaraan roda empat yang menggunakan sistem engine diesel, selain harus memiliki performa yang stabil dan baik juga harus mempunyai sistem pengereman yang baik juga, Sistem pengereman merupakan perangkat penting dari sebuah kendaraan, sebagai perangkat pengaman yang berfungsi mengurangi kecepatan kendaraan maupun menghentikan kendaraan tersebut secara langsung. Setelah kendaraan selesai dirancang dan dapat berjalan, sistem pengeraman memegang peranan penting sebagai alat pengaman untuk menghindari terjadimya hal hal yang tidak di inginkan Perancangan dilakukan menggunakan metode yang di lakukan oleh pahl dan beitz , yang kemudian di dukung dengan bantuan perangkat lunak yang mampu untuk pembuatan suatu model dalam bentuk gambar 3 dimensi, dalam hal ini software yang digunakan adalah Autodesk Inventor, sehingga dapat mendapat suatu konsep desain dalam perancangan system pengereman hidrolis, Dari hasil perancangan dan perhitungan yang telah dilakukan mendapatkan hasil sebagai berikut Torsi pada rod = 47,8 Nm , Torsi gesek pengereman = 88,19 Nm, gaya yang menekan pad rem =59,10 N, Tekanan minyak pada setiap kaliper cakram = 7,36 kg/cm2, Faktor efektifitas rem= 0,7 , gaya pada gandar depan = 298 N, Gaya pada gandar belakang = 411,3 N , Luas lapisan rem depan = 1787 mm2 , Luas lapisan rem belakang = 2360 mm2 , gaya yang menekan master silinder = 14,7 kg , dan gaya pada pedal rem = 5 kg .