PERANCANGAN TRANSMISI RANTAI MOBIL URBAN DIESEL BIDANG KONTRUKSI
Main Author: | PRASETYA, MEDIK AGUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23102/1/jiptummpp-gdl-medikagusp-41689-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23102/2/jiptummpp-gdl-medikagusp-41689-1-cover%2Cl-a.pdf http://eprints.umm.ac.id/23102/ |
Daftar Isi:
- Sistem transmisi, dalam otomotif, adalah sistem yang berfungsi untuk mengkonversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga, atau sebaliknya. Tujuan dilakukannya perencanaan ini adalah merancang sistem transmisi rantai pada mobil urban diesel yang bebas selip dan efisien dengan perbandingan sproket agar mampu menempuh kecepatan maksimal sebesar 40 km/jam. Perancangan dilakukan menggunakan metode perancangan yang di lakukan oleh pahl dan beitz dalam bukunya : Engineering Design yang kemudian didukung dengan bantuan perangkat lunak yang mampu untuk pembuatan suatu model dalam bentuk gambar 2 dan 3 dimensi, dalam hal ini software yang digunakan adalah Autodesk Inventor. Dalam merancang dengan menggunakan metode pahl and beitz ada 4 langkah. Diantaranya perancangan dan penjelasan tugas, perancangan konsep desain, perancangan bentuk produk, dan perancangan detail. Transmisi rantai roll yang dirancang menggunakan rasio perbandingan kecepatan 7:1 dengan menggunakan 2 transmisi. Pada transmisi pertama dan kedua menggunakan rasio 2,43:1 dan 2,93 kemudian menghasilkan putaran maksimal 421,33 rpm yang sehingga menghasilkan kecepatan maksimal 40 km/jam. Poros transmisi yang dirancang menggunakan poros berbahan baja S55C-D dengan diameter 22 mm dan menggunakan pasak dengan bahan S45C berdimensi t=7 mm, w=8 mm, dan l=20 mm.