CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN STAINLESS STEEL BERBENTUK SARANG LABA-LABA UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG

Main Author: WIBOWO, MUHAMMAD TRENYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23083/1/jiptummpp-gdl-muhammadtr-40702-1-cover.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23083/2/jiptummpp-gdl-muhammadtr-40702-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23083/
ctrlnum 23083
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/23083/</relation><title>CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN STAINLESS STEEL BERBENTUK SARANG LABA-LABA UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG</title><creator>WIBOWO, MUHAMMAD TRENYU</creator><subject>T Technology (General)</subject><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Meningkatnya jumlah penduduk dan taraf hidup masyarakat menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan dan daya beli masyarakat pada kendaraan bermotor sebagai kendaraan. Disisi lain, meningkatnya jumlah kendaraan berdampak langsung pada polusi udara oleh gas buang kendaraan bermotor. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan desain catalytic converter berbahan katalis kawat stainless steel berbentuk sarang laba-laba, mendapatkan performa emisi gas buang pada catalytic converter dan mendapatkan nilai comparasi catalytic converter dengan katalis berbahan kawat stainless steel berbentuk sarang laba-laba.Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode experimental. Dimulai dari pembuatan rancangan katalis, pembuatan katalis, setelah katalis jadi dilakukan pengukuran emisi gas buang yang melewati saluran knalpot. Selanjutnya membandingkan hasil percobaan emisi gas buang sebelum melewati catalytic converter dan sesudah melewati catalytic converter, menggunakan sarana laboratorium motor bakar sebagai basis mendapatkan data.Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa pemakaian catalytic converter berbahan stainless steel berbetuk sarang laba - laba dapat mereduksi emisi gas HC dan CO. Dengan hasil emisi gas HC menunjukkan prosentase emisi sebesar 64,839 ppm dan prosentase penurunan emisinya sebesar 35,161 ppm. Emisi gas CO menunjukkan prosentase emisi sebesar 73,098 % sedangkan prosentase penurunan emisinya sebesar 26,902 %.</description><date>2015-09-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23083/1/jiptummpp-gdl-muhammadtr-40702-1-cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23083/2/jiptummpp-gdl-muhammadtr-40702-2-babi.pdf</identifier><identifier> WIBOWO, MUHAMMAD TRENYU (2015) CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN STAINLESS STEEL BERBENTUK SARANG LABA-LABA UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>23083</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author WIBOWO, MUHAMMAD TRENYU
title CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN STAINLESS STEEL BERBENTUK SARANG LABA-LABA UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG
publishDate 2015
topic T Technology (General)
TJ Mechanical engineering and machinery
url http://eprints.umm.ac.id/23083/1/jiptummpp-gdl-muhammadtr-40702-1-cover.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23083/2/jiptummpp-gdl-muhammadtr-40702-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23083/
contents Meningkatnya jumlah penduduk dan taraf hidup masyarakat menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan dan daya beli masyarakat pada kendaraan bermotor sebagai kendaraan. Disisi lain, meningkatnya jumlah kendaraan berdampak langsung pada polusi udara oleh gas buang kendaraan bermotor. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan desain catalytic converter berbahan katalis kawat stainless steel berbentuk sarang laba-laba, mendapatkan performa emisi gas buang pada catalytic converter dan mendapatkan nilai comparasi catalytic converter dengan katalis berbahan kawat stainless steel berbentuk sarang laba-laba.Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode experimental. Dimulai dari pembuatan rancangan katalis, pembuatan katalis, setelah katalis jadi dilakukan pengukuran emisi gas buang yang melewati saluran knalpot. Selanjutnya membandingkan hasil percobaan emisi gas buang sebelum melewati catalytic converter dan sesudah melewati catalytic converter, menggunakan sarana laboratorium motor bakar sebagai basis mendapatkan data.Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa pemakaian catalytic converter berbahan stainless steel berbetuk sarang laba - laba dapat mereduksi emisi gas HC dan CO. Dengan hasil emisi gas HC menunjukkan prosentase emisi sebesar 64,839 ppm dan prosentase penurunan emisinya sebesar 35,161 ppm. Emisi gas CO menunjukkan prosentase emisi sebesar 73,098 % sedangkan prosentase penurunan emisinya sebesar 26,902 %.
id IOS4109.23083
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:45:47Z
last_indexed 2017-03-21T02:45:47Z
recordtype dc
_version_ 1675924299309907968
score 17.538404