ANALISA KEKUATAN SAMBUNGAN LAS PADA RANGKA MOBIL URBAN DISEL

Main Author: TRIAWAN, AGUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23079/1/jiptummpp-gdl-agustriawa-40845-1-coverdll.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23079/2/jiptummpp-gdl-agustriawa-40845-2-babifix.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23079/
Daftar Isi:
  • Dalam perancangan dan pembuatan kendaraan khususnya mobil, rangka/chasis adalah komponen utama yang harus difikirkan secara matang, Rangka Mobil Urban harus memiliki standar tertentu yang nantinya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi, pada regulasi untuk kelas mobil urban memilki standar seperti lebar kendaraan antara 120 cm - 130 cm, panajang keseluruhan kendaraan antara 220 cm - 350 cm , jarak antara roda (track width) pada satu sumbu tidak boleh kurang dari 100 cm. (Regulasi IEMC 2014) untuk mobil urban ini sendiri teknik sambungan rangka yang digunakan yaitu teknik sambungan las, karena sambungan las memiliki tingkat kekuatan yang bagus dan tidak terlalu rumit dalam penyambungannya seperti teknik penyambungan dengan menggunakan rivet, untuk Las yang menggunakan bahan dasar aluminium perlu di gunakan teknik penyambungan yang khusus. Agar sambungan benar-benar kuat dan tidak membahayakan pengemudi mobil tersebut. Dari analisa yang telah dilakukan didapatkan hasil perhitungan beban dinamis yaitu dengan arah gaya kebawah = 9,448 kg/〖cm〗^2, arah gaya ke depan = 10,409 kg/〖cm〗^(2 )dan tegangan izin = 15 kg, karena nilai tegangan geser lebih kecil dari tegangan yang di izinkan maka sambungan Las di nyatakan kuat dalam menahan beban yang diberikan.