PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN MODEL BORG AND GALL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Main Author: RAHMAN, FADHLUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23048/1/jiptummpp-gdl-fadhlurrah-42231-1-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23048/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang dijalankan secara teratur. Salah satunya adalah pembelajaran matematika. Masih banyak siswa yang kesulitan dalam belajar memahami matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam penyampaian materi. Pada era globalisasi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat guru dituntut kreatifitasnya dalam menyapaikan materi salah satunya menggunakan media pembelajaran. Tujuan media pembelajaran ini adalah menghasilkan media animasi menggunakan adobe flash cs6. Selain itu mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian media pembelajaran dengan uji coba terbatas menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah-langkah dalam media pembelajran ini antara lain: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket ahli media, ahli materi dan respon siswa terhadap media yang digunakan. Hasil validasi yang didapat berdasarkan penilaian dari ahli media 1 sebesar 4,30, ahli media 2 sebesar 4, sedangkan penilaian dari ahli materi 1 sebesar 3,66, ahli materi 2 sebesar 4,16. Hasil penilaian validator tersebut menujukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil respon siswa menggunakan media pembelajaran sebesar 85%. Hal ini menyatakan respon sisiwa terhadap media pembelajaran sangat baik.