IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHANKELAS VII SMP DIPONEGORO BATU
Main Author: | ANNAS, ARIFATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23045/1/jiptummpp-gdl-arifatulan-42427-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23045/2/jiptummpp-gdl-arifatulan-42427-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23045/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division).Penelitian ini dilaksanakan di SMP Diponegoro Junrejo Batu bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Rendahnya hasilbelajar matematika pada materi operasi hitungan pada bilangan pecahan, penggunaan metode yang belum tepatpada pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Diponegoro Batu Junrejo 2014 /2015 sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division)dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat siswa Kelas VII SMP Diponegoro Batu. Adapun peningkatannyaadalah,dari 20 siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase 85%, sedangkan yang belum tuntas belajar sebanyak 3 siswa dengan persentase 15%. Karena persentase ketuntasan belajar lebih dari 75% maka secara klasikal kelas VII dikatakan tuntas dalam pembelajaran matematika menggunakan metode STAD dengan nilai rata-rata klasikal 80,2%. Berdasarkan hasil di atas, terbukti bahwa metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningaktkan hasilbelajar matematika pada materi operasi hitungan bilangan pecahan.Dengan demikian, metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan kemampuan hasilbelajar matematika pada materi operasi hitungan bilangan pecahan siswa Kelas VII SMP Diponegoro Batu.