PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN STRATEGI PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII-A MTS WALI SONGO PURWOSARI
Main Author: | IBROHIM, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23042/ |
Daftar Isi:
- Teams Achievement Division (STAD) dengan strategi permainan kartu domino matematika pada pembelajaran matematika, 2) tingkat aktivitas siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dengan strategi permainan kartu domino matematika, 3) tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dengan strategi permainan kartu domino matematika. Penelitian dilaksanakan di MTs Wali Songo purwosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data adalah siswa kelas VII-A MTs Wali Songo Purwosari yang berjumlah 24 siswa. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui tingkat aktivitas guru dan tingkat aktivitas siswa, pengerjaan tes untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa secara tertulis. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitaif. Data diolah dengan rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas guru saat diterapkan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dengan strategi permainan kartu domino matematika pada pembelajaran matematika mulai dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga masing-masing meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir secara keseluruhan berjalan dengan baik sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan persentase secara keseluruhan sebesar 84.02%, 2) aktivitas belajar siswa selama penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dengan strategi permainan kartu domino matematika berkategori baik dengan nilai rata – rata persentase 74.70%, 3) tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa secara keseluruhan memperoleh rata – rata persentase sebesar 72.74% atau termasuk dalam katagori baik. Untuk semua aspek pada kemampuan komunikasi matematika peserta didik berkategori baik.