PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KAIDAH PENCACAHAN KELAS XI IPA MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG
Main Author: | YUNITASARI, AMALIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23038/1/jiptummpp-gdl-amaliayuni-41734-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23038/2/jiptummpp-gdl-amaliayuni-41734-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23038/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini sesuai dengan masalah yang ada yaitu kurangnya peran aktif siswa ketika mengikuti pembelajaran. Selain itu materi kaidah pencacahan merupakan materi yang banyak berhubungan dengan kehidupan nyata, yang mana membutuhkan masalah yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Maka dengan model pembelajaran group investigation, siswa berperan aktif dan mempunyai pengalaman dalam memahami materi dengan penyelidikan. Penerapan pembelajaran kooperatif model GI dengan pendekatan Kontekstual pada kaidah pencacahan kelas XI-IPA MA Muhammadiyah 1 Malang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model GI dengan pendekatan kontekstual, (2) aktivitas guru dan siswa, (3) hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diambil adalah hasil observasi guru dan siswa, serta hasil tes belajar siswa. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan guru yang mengajar matematika di MA Muhammadiyah 1 Malang, yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 15 siswa dan yang menjadi guru adalah peneliti. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil rata-rata aktivitas guru dari dua kali pertemuan adalah sebesar 91,66, maka aktivitas guru selama pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk hasil rata-rata aktivitas siswa dari dua kali pertemuan adalah sebesar 79,22, maka aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa telah mencapai standar ketuntasan klasikal sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan untuk dilakukannya penelitian lebih lanjut menggunakan pembelajaran kooperatif model GI dengan pendekatan kontekstual pada materi atau sub topik yang lainnya.