ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA

Main Author: ROSYDIANA, ANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23036/1/jiptummpp-gdl-anarosydia-41735-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23036/2/jiptummpp-gdl-anarosydia-41735-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23036/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X APK 2 SMK PGRI Dampit dalam menyelesaikan soal cerita jika ditinjau dari langkah pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis yang didapat dari alat ukur berupa tes tertulis dan wawancara. Penelitian dilaksanakan di SMK PGRI Dampit. Subjek dari penelitiaan ini adalah 17 siswa kelas X APK 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil analisis ini menyatakan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah Polya berbeda pada tiap kategori. Siswa pada tinggi, sedang maupun rendah telah mampu dalam memahami permasalahan, Pada kemampuan dalam merencanakan, siswa kategori tinggi sudah mampu dalam merencanakan, siswa kategori sedang belum sepenuhnya mampu, sedangkan pada kategori rendah sama sekali tidak bisa membuat perencanaan. Kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana dapat diketahui dari bagaimana siswa membat penyelesaian sedangkan pada kemampuan dalam mereview hanya siswa berkategori tinggi yang melaksanakan pemeriksaan kembali.