ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII-H SMPN 11 MALANG
Main Author: | ARPATIA, IHSANUDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23019/1/jiptummpp-gdl-ihsanudina-42482-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23019/2/jiptummpp-gdl-ihsanudina-42482-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23019/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk : mengetahui Kesulitan siswa pada saat menyelesaikan soal persamaan garis lurus kelas VIII-H SMPN 11 Malang . Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Malang pada tanggal 18 sampai dengan tanggal 27 Oktober 2015. Objek penelitian ini adalah hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan soal Persamaan Garis Lurus dan hasil wawancara yang dilakukan dengan siswa-siswa berkesulitan. Subjeknya adalah seluruh siswa kelas VIII-H SMPN 11 Malang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar kerja siswadan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kesulitan siswa yang dialami siswa saat mengerjakan soal persamaan garis lurus masih sangat tinggi persentasenya dibandingkan kemudahannya. Hasil analisis lembar ljawaban siswa menunjukan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus sering dialami siswa adalah kesulitan penerapan konsep matematika. Siswa masih belum sepenuhnya bisa memahami konsep matematika dengan benar, sehingga siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan.