PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, DAN INTELECTUALLY) DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII-B MTS MUHAMMADIYAH 1 MALANG
Main Author: | ROSALIA, LIDIA SEPTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23012/1/jiptummpp-gdl-lidiasepti-42485-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23012/2/jiptummpp-gdl-lidiasepti-42485-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23012/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penerapan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization dan Intelectually) dengan setting kooperatif pada pembelajaran matematika, (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan SAVI dengan setting kooperatif, dan (3) respon siswa pada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan SAVI dengan setting kooperatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dengan setting kooperatif, dengan subjek yaitu kelas VIII-B yang berjumlah 26 siswa. Sumber data adalah siswa kelas VIII-B MTs Muhammadiyah 1 malang dan peneliti. Data yang diambil adalah hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil tes akhir siswa dan hasil angket siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar soal tes akhir, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan SAVI denggan setting kooperatif berlangsung dengan baik sesuai sintak yang telah dirancang. Rata-rata keseluruhan guru mencapai 4,09 yang tergolong pada kriteria baik. Sedangkan rata-rata keseluruhan aktivitas siswa 3,76 yang juga tergolong kriteria baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan SAVI secara klasikal 80,77%. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan SAVI 83,35% dan tergolong pada kriteria baik.