PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP DIPONEGORO33

Main Author: PADANG, FITRI TRI HANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22998/1/jiptummpp-gdl-fitritriha-41787-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22998/2/jiptummpp-gdl-fitritriha-41787-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22998/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan dasar dari semua ilmu pengetahuan yang di dalamnya terdapat ilmu berhitung, logika dan berfikir. Kekonsistenan matematika terhadap konsep, membuat siswa harus dapat memahami konsep pada setiap materi yang diajarkan sebelumnya agar mudah memahami materi berikutnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep dengan baik adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang terdiri dari 5 langkah yaitu Review (Pengulasan Kembali), Development (Pengembangan), Cooperative Working (Kerja Kooperatif), Seat Work (Kerja Mandiri) dan Assigment (Penugasan). Dengan menggunakan model ini siswa diarahkan untuk berimajinasi sampai mendapatkan pemahaman konsep yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini menerapkan model MMP pada kelas VIII-A SMP Diponegoro Junrejo Batu. Pada penelitian penerapan model MMP ini akan dijabarkan bagaimana aktivitas belajar siswa pada penerapan model MMP, respon siswa setelah menggunakan model MMP, dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model MMP. Penelitian ini dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, mulai tanggal 19 Mei 2015 sampai 27 Mei 2015 pada jam pelajaran matematika dengan empat kali pertemuan dan alokasi waktu 10x40 menit. Hasil yang diperoleh dari penelitian dengan menerapkan model MMP ini adalah meningkatkanya aktivitas siswa disetiap pertemuan dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama adalah 68,96%, pada pertemuan kedua meningkat 9,37% menjadi 78,33% dan pada pertemuan ketiga meningkat 2,92% menjadi 81,25% sehingga memperoleh rata-rata akhir 76,18% dengan kategori baik. Respon yang diberikan siswa setelah penerapan model MMP ini cukup baik dengan persentase akhir 68,42%. Meningkatnya aktivitas siswa dan respon siswa yang cukup baik memberi dampak pada hasil test akhir siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model MMP yakni dengan rata-rata ketuntasan kelas 72,63 serta untuk ketuntasan klasikal dengan rata-rata 73,68% dengan kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan pada penerapan model pembelajaran MMP dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan mendapatkan respon yang cukup baik setelah diterapkan pada materi bangun ruang sisi datar dengan subbab materi luas permukaan dan volume prisma dan limas pada kelas VIII-A SMP Diponegoro Junrejo Batu tahun ajaran 2014/2015.