PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DENGAN TEKNIK EXCHANGE COUPLE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII-A MTS MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Main Author: MARLIANI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22992/1/jiptummpp-gdl-marliani09-41829-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22992/2/jiptummpp-gdl-marliani09-41829-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22992/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa pada pembelajaran matematika di kelas. Proses pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh guru dan tidak memberi akses bagi siswa untuk aktif dan bekerjasama dengan siswa lain. Maka dari itu peneliti ingin menerapkan model kooperatif dengan teknik exchange couple. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif dengan teknik exchange couple, aktivitas belajar siswa, serta hasil belajar siswa setelah diterapkannya model kooperatif dengan teknik exchange couple. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek siswa kelas VIII-A dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Berdasarkan analisis hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif dengan teknik exchange couple mencapai 80,47% dengan kategori tersebut maka dapat disimpulkan termasuk dalam kategori baik dan untuk persentase aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah melaksanakan pembelajaran model kooperatif dengan teknik exchange couple sebanyak 19 siswa telah mencapai ketuntasan individu dan 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan. Secara klasikal ketuntasan siswa kelas VIII-A sebesar 82,61% sehingga dapat dikatakan sudah mencapai ketuntasan klasikal.